Hallo sobat semuanya,gua kembali lagi buat nulis blog ini.Gua nulis blog ini untuk tugas serta buat informasi ke kalian juga cara mengi...

Komputer dan Jaringan Dasar : Cara menginstal Windows 7


Hallo sobat semuanya,gua kembali lagi buat nulis blog ini.Gua nulis blog ini untuk tugas serta buat informasi ke kalian juga cara menginstal windows 7.Hallo sobat semuanya,gua kembali lagi buat nulis blog ini.Gua nulis blog ini untuk tugas serta buat informasi ke kalian juga.Untuk menginstal windows 7 kalian memerlukan hal-hal berikut:

  1. - Siapkan DVD Windows 7 terlebih dahulu, karena kita akan belajar cara menginstall windows 7 dari DVDROM.
  2. - Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.
  3. - Backup data-data penting terlebih dahulu.

Setting BIOS agar Booting dari CD/ DVD

  1. - Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda, kemudian tekan    tombol DEL (Delete). Biasanya untuk masuk ke menu BIOS, tombol yang  paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufacturer laptop/ motherboard anda.
  2.  - Akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar di bawah ini. Setelah     itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ►.
  3. - Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut, bahwa device yang berada di urutan teratas adalah CD-ROM. Jadi komputer/ laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari CD-ROM.
  4. - Jangan lupa untuk memasukkan DVD Windows 7 nya pada DVDROM. Kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu BIOS.

Langkah-langkah Menginstall Windows 7

Baiklah, setting BIOS agar booting dari CD/ DVD selesai. Sekarang waktunya instalasi windows 7. Menginstall windows 7 nggak sulit kok, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama .



  1.  - Langkah pertama, tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi.
  2. -  Silakan pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian pilih Next.
  3. - Untuk memulai instalasi windows 7. Pilih Install now.
  4. - Centang I accepted the license terms, kemudian pilih Next.
  5. - Pada Tampilan Pemilihan tipe instalansi, klik Custom Advance.
  6. - Klik Drive option ( Advance ) →  New Lalu tentukan ukuran (size) partisi drive tersebut. Kemudian Klik Apply jika sudah selesai.
  7. - Klik OK untuk pembuatan system files Windows atau yang disebut System Reserved Partition.
  8. - Setelah Menentukan lokasi untuk instalasi, kita akan masuk proses instalasi Windows 7. Proses ini biasanya memakan waktu kurang lebih 20 menit.
  9. - Selama proses berlangsungnya, komputer akan reboot/restart dengan sendirinya beberapa kali.
  10. - Langkah Selanjutnya, yaitu memasukkan nama pengguna dan nama komputer.Tekan ENTER.
  11. - Selanjutnya buatlah Password anda.
  12. - Masukan Product Key windows 7,kalau tidak ada lewati saja.
  13. - Pilih Ask Me Later agar anda mendapatkan notif untuk mengupdate windows dikemudian hari.
  14. - Berikutnya kita akan masuk pada tampilan untuk mengatur Time zone/Zone waktu.
  15. - Langkah berikutnya, yaitu menentukan lokasi jaringan yang digunakan.
  16. - Sampai disini proses instalasi Windows 7 telah selesai.
Okedeh,semoga kalian mengerti ya apa yang telah gua tuliskan di blog ini.Kalau kurang ngerti bisa komen dibawah aja nanti akan gua kasih tau lebih detail.Have fun& Have a nice day.Thank you for join my blog.Sampai Jumpa lagi brads.Salam Tech.

0 komentar: